CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 23 Desember 2008

KINERJA TRAKTOR TANGAN UNTUK PENGOLAHAN TANAH

ABSTRACT

This research is conducted in May until June 2005 in Kayu Jao Batang Barus, Subdistrict Gunung Talang, Regency Solok, and Faculty of Agriculture of Andalas University. The tool that is used in this research is 1 unit of hand tractor, moldboard plow, stopwatch, fuel, oil, ring sample, penetrometer, tachometer and others. The result from this research is ( a) speed of tractor in wet land is slower than in dry land, ( b) the slip of wheel tractor in wet land is bigger then in dry land, ( c) there is tendency the value of field capacity in wet land is slower than in dry land, ( d) the increase of speed work hence have effect to increase fuel consumption, and (e) the increase of fuel consumption have effect to increase mechanical power of tractor. Key Words : Hand Tractor, Speed of Soil Tillage, Wet Land, Dry Land.

Pendahuluan
Sebahagian besar penduduk Indonesia hidup dari sektor pertanian yaitu lebih 51 persen, tersebar di seluruh pelosok kepulauan Nusantara (BPS, 2003). Oleh karena itu, sektor pertanian selalu mendapatkan prioritas utama dalam melaksanaan pembangunan di Indonesia. Pembangunan di sektor pertanian oleh pemerintah bertujuan pada pengadaan dan peningkatan pangan yang berkecukupan.
Pengolahan tanah umumnya masih didominasi oleh penggunaan cangkul (secara manual) oleh tenaga manusia dan alat bajak yang ditarik oleh tenaga ternak. Dengan penggunaan tenaga manusia dan tenaga ternak akan mengakibatkan produksi pertanian rendah dan waktu yang lama bila dibandingkan dengan penggunaan tenaga mekanis seperti traktor terutama sebagai sumber tenaga penarik bajak dan alat pertanian lainnya.Penggunaan traktor sebagai sumber tenaga dalam pengolahan tanah, diharapkan dapat mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan untuk proses pengolahan tanah, kapasitas kerja menjadi lebih tinggi dan pendapatan petani bertambah, sehingga dapat dilaksanakan usaha intensifikasi dan ekstensifikasi yang sempurna (Hardjosoediro, 1983).Kecepatan dalam pengolahan tanah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kapasitas kerja efektif yang dapat dicapai dalam pengolahan tanah. Kapasitas kerja efektif adalah faktor yang menentukan besarnya biaya penggunaan alat persatuan luas. Mengingat pentingnya pengolahan tanah di lahan kering dan lahan basah sebagai suatu tindakan yang ikut menentukan keberhasilan suatu tanaman dan pendapatan bagi petani, perlu kiranya perlu dikaji pengaruh berbagai kecepatan kerja di lahan kering dan lahan basah terhadap slip roda traktor, kapasitas kerja efektif, dan besarnya konsumsi bahan bakar. Tujuan dari penelitian ini adalah (a) mempelajari pengaruh slip roda traktor pada lahan kering dan lahan basah, (b) mempelajari besarnya kapasitas kerja efektif traktor tangan untuk pengolahan tanah pada lahan kering dan lahan basah pada beberapa kecepatan kerja, dan (c) mempelajari pengaruh kecepatan kerja terhadap konsumsi bahan bakar dan daya mekanis traktor.


0 komentar: